Halo sahabat selamat datang di website pojokotomotif.com, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Mengetahui Kegunaan Alat – Alat Perkakas Mobil, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Akan lebih baik jika Teman Mobilkamu memiliki pengetahuan dasar tentang kegunaan alat-alat perkakas mobil. Maka dari itu, Bengkel Mobilkamu memberikan penjelasan lengkap tentang fungsi dari alat-alat perkakas mobil. Sehingga, ketika Teman Mobilkamu sedang melakukan perawatan atau perbaikan #Mobilkamu, kamu tidak salah menggunakan alat perkakas dan menggunakannya sesuai fungsinya.

Baca juga artikel:

Perawatan Preventif Pada Komponen-Komponen Mobil

1. Obeng

Alat Perkakas Mobil: Obeng – Bengkel Mobilkamu

Jangan menggunakan jenis atau ukuran obeng yang tidak sesuai! Obeng memiliki fungsi untuk membuka, mengencangkan, atau melepas sekrup dengan mudah terlebih pada sekrup yang menempel jauh dan susah untuk dijangkau.

Model sekrup yang ada pada kendaraan sangat beragam dari segi bentuk dan ukurannya, maka obeng yang digunakan harus sesuai dengan model sekrup. 

Jenis obeng yang sering digunakan untuk kendaraan mobil adalah slotted screwdrivers (obeng minus) dan phillips screwdrivers (obeng plus). 

2. Kunci Pas

Alat Perkakas Mobil: Kunci Pas – Bengkel Mobilkamu

Kenali fungsi dari kunci pas!

Kunci pas digunakan untuk membuka atau mengencangkan memutar baut kepala segi enam pada sebuah mesin atau benda kerja lainnya dengan ukuran sesuai dengan ukuran kepala baut. Besaran sudut ataupun diameter ujungnya bervariasi, mulai dari ukuran 6 mm – 36 mm dan umumnya setiap ujung kunci pas memiliki diameter berbeda.

3. Kunci Socket

Alat Perkakas Mobil: Kunci Socket – Bengkel Mobilkamu

Kegunaan dari kunci socket ini untuk melepaskan dan memasang baut atau mur yang ada di #Mobilkamu seperti baut di roda, shockbreaker, dan pengunci behel.

Kunci socket memiliki beberapa jenis, lalu bagaimana cara menggunakannya?

  1. Model ratchet: tekan tombol di belakang gagang, masukan mata kunci, geser tombol ke kiri untuk mengendurkan dan ke kanan untuk mengencangkan baut.
  2. Sliding T-Handle: masukan mata kunci, putar ke arah kiri untuk mengencangkan dan kanan untuk mengendurkan baut.
  3. Extension bar: masukan gagang dengan extension, lalu masukan mata kunci dengan extension.

4. Kunci Kombinasi Ring Pas

Alat Perkakas Mobil: Kunci Kombinasi Ring Pas – Bengkel Mobilkamu

    Kenali lagi fungsi dan kunci kombinasi ring pas, jangan sampai salah!

    Pada kunci kombinasi, Teman Mobilkamu akan menemukan dua jenis kunci yang terdapat pada satu gagang. Di satu ujung adalah kunci pas dan bagian ujung lainnya adalah kunci ring.

    Umumnya, kunci kombinasi memiliki sebesar 15 derajat offset pada tangkai dan dilengkapi dengan satu macam ukuran dalam satu contoh kunci. Misalnya, kunci pas berukuran 15 mm dan tentunya kunci ring juga memiliki ukuran yang sama yaitu 15 mm.

    5. Kunci Torsi

    Alat Perkakas Mobil: Kunci Torsi – Bengkel Mobilkamu

    Kunci Torsi digunakan untuk mengeratkan baut atau mur dengan tingkat kekuatan dan kekencangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kunci torsi biasanya digunakan saat pada pengerjaan akhir setelah melakukan pengencangan dari kunci biasa (kunci ring kunci soket, maupun kunci pas).

    6. Tang

    Alat Perkakas Mobil: Tang – Bengkel Mobilkamu

    Tang merupakan alat yang dapat dipakai untuk memegang atau mencengkeram komponen yang nantinya akan dibuka. Caranya adalah dengan memutar bagian yang sudah dicengkram.

    Tang juga dapat berfungsi untuk mengencangkan atau melonggarkan baut, namun tidak disarankan untuk dipergunakan seperti itu karena cengkraman tang tidak sekuat cengkraman kunci lainnya (kunci ring, pas, dan socket).

    7. Alat Pengukur

    Alat Perkakas Mobil: Alat Pengukur – Bengkel Mobilkamu

    Teman Mobilkamu dapat menetapkan prioritas alat ukur nya sendiri berdasarkan penggunaan dan budget, ya!

    • Taper Gauge digunakan untuk memeriksa dimensi ulir. Jenis bahannya bervariasi tapi yang paling umum digunakan adalah bahan baja tahan karat atau stainless steel.
    • Tire Pressure Gauge dibutuhkan saat mengecek tekanan udara dalam ban, tanpa alat ini besarnya tekanan udara didalam ban tidak dapat diukur.
    • Compression Gauge berfungsi untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi pada setiap silinder di mesin. Biasanya digunakan untuk melakukan diagnosa masalah mesin ketika tenaga yang dihasilkan mesin kurang optimal.

    8. Lampu Mobil

    Alat Perkakas Mobil: Lampu Mobil – Bengkel Mobilkamu

    Jangan asal menggunakan lampu mobil!

    Lampu pada kendaraan tentunya sangat berguna sebagai penerangan jalan. Selain itu, lampu digunakan sebagai simbol untuk memberitahukan pengendara lain seperti halnya saat akan berbelok, saat keadaan darurat, dan hal lainnya. 

    Banyak fungsi dari lampu mobil secara umum. Salah satunya, lampu tembak bisa bekerja dengan baik karena adanya sistem kelistrikan pada mobil. Sehingga pengetahuan terhadap sistem kelistrikan sangat penting untuk Teman Mobilkamu!

    9. Dongkrak dan Jack Stand

    Alat Perkakas Mobil: Dongkrak dan Jack Stand – Bengkel Mobilkamu

    Dongkrak berfungsi untuk mengangkat mobil pada saat pemasangan jack stand supaya memudahkan saat memasang catalytic converter dan digunakan untuk mengganti ban mobil.

    Jack stand sendiri digunakan untuk pengganjal mobil agar tetap dalam keadaan naik meskipun dongkrak di lepas.

    10. Mechanic Creeper

    Alat Perkakas Mobil: Mechanic Creeper – Bengkel Mobilkamu

    Mechanic Creeper adalah sebuah alat yang dikhususkan untuk para mekanik saat memperbaiki bawah mesin mobil atau yang biasa disebut untuk sandaran punggung, atau sandaran kolong mobil.

    11. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

    Alat Perkakas Mobil: Alat Pemadam Api Ringan (APAR) – Bengkel Mobilkamu

    Jarang disadari, pentingnya sedia alat pemadam api di mobil!

    Kebakaran mobil sering terjadi karena terjadi korsleting listrik. Hal ini akan memicu timbulnya percikan api yang bisa menyebar ketika mengenai bahan yang mudah terbakar hingga bocor nya bahan bakar. 

    Hal ini menjadi salah satu alasan perlunya kamu menyediakan APAR di setiap mobil. Biasanya, APAR yang digunakan adalah yang berkapasitas 1 – 3 kg. 

    APAR dapat dikatakan menjadi alat pertolongan pertama saat kendaraan terbakar. Jadi, tidak ada salahnya jika Teman Mobilkamu menyediakan APAR di mobil untuk berjaga-jaga.

    12.Corong.

    Alat Perkakas Mobil: Corong – Bengkel Mobilkamu

    Corong digunakan untuk mengisi botol pemulihan pendingin dan menambahkan oli, minyak rem, cairan pencuci kaca depan, dan cairan transmisi. 

    Sementara, beberapa corong otomotif dilengkapi dengan selang pendek yang terpasang sehingga kamu dapat memasukkan selang langsung ke lubang sempit di ruang yang terlalu kecil untuk disambungkan dengan corong.

    Baca juga artikel:

    Memperkenalkan Fungsi Sistem dan Cara Sistem Mobil Bekerja

    Itulah tadi informasi mengenai Mengetahui Kegunaan Alat – Alat Perkakas Mobil dan sekianlah artikel dari kami pojokotomotif.com, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

    0 Comments